MODUL PELATIHAN

MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PENDEKATAN SPIRITUAL
Untuk Penguatan Kelembagaan Masyarakat dan Mendorong Percepatan Pembangunan Perdesaan

 

Sebagai kerangka kerja strategis untuk mewujudkan pembangunan perdesaan yang berkeadilan, dengan mengembangkan cara pandang baru (a new paradigm) yang diharapkan mampu memicu pencapaian high case (sekenario tinggi) perlu dilakukan terobosan untuk membangun keberdayaan masyarakat dan mengoptimalisasi lembaga keagamaan sebagai leading sector percepatan pembangunan di perdesaan di Indonesia. Upaya tersebut penting dilakukan untuk memberikan arahan (Guidance) bagi pendayagunaan sumberdaya perdesaan dan mewujudkan pemertaan kesejahteraan (keadilan sosial), pertumbuhan ekonomi (kemakmuran) serta terpeliharanya daya dukung wilayah secara seimbang.

Di tengah krisis ekologi, krisis social, krisis spiritualitas manusia dan krisis ekonomi global, yang berdampak pada hidup dan kehidupan masyarakat yang bergerak disektor riil perdesaan. Seiring dengan munculnya harapan untuk menciptakan system pembangunan yang lebih adil dan berkelanjutan dan menciptakan sebuah “tatanan kehidupan masyarakat yang lebih berkelanjutan” dimana dapat saling berbagi kebahagian dengan orang-orang di seluruh dunia dan mewariskan kualitas hidup yang lebih beradab dari generasi ke generasi. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah mekanisme Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) bagi masyarakat yang diharapkan dapat menjadi gerakan untuk kemajuan dan merupakan Inovasi baru dari proses pembelajaran guna menciptakan masa depan yang lebih ekologis, lebih peka, lebih religious dan lebih berkemakmuran.
Menjawab tantangan tersebut, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui kerjasama dengan kementerian pembangunan daerah tertinggal, berupaya mendesain metode pembelajaran bagi masyarakat dengan melatih motivasi berprestasi dan kewirausahaan dengan menggunakan pendekatan spiritual yang terintegrasi dengan tradisi, nilai dan metode pembelajaran keagamaan untuk mewujudkan perubahan mental, prilaku dan pemikiran masyarakat perdesaan.

Alhamdulillahirobbil alamiin, Puji syukur kepada Allah SWT, yang telah membimbing dan memberikan anugrah, kekuatan, ridho dan maunah Nya, sehingga modul pelatihan motivasi berprestasi dan kewirausahaan untuk penguatan kelembagaan masyarakat dan mendorong percepatan pembangunan perdesaan.
Buku ini menawarkan satu pendekatan untuk membantu pihak- pihak yang berkepentingan untuk menggerakan sumberdaya manusia perdesaan untuk hidup lebih berprestasi dan bersemangat dalam berwirausaha.

Pendekatan belajar bersama yang dijelaskan dalam buku ini, diharapkan dapat mampu menjadi alat bantu untuk recollection (mengingatkan) dan reawakening (membangunkan) manusia perdesaan.
Sebelum buku ini ditulis dan diterbitkan, sebuah perjalanan panjang proses pembelajaran bersama telah ditempuh. Hikmah yang tertuang dalam catatan ini merupakan buah dari rangkaian Shared Learning (SL). Buku ini juga tak akan pernah lahir tanpa sumbangan pikiran dan tenaga dari berbagai pihak, baik individu, lembaga maupun masyarakat.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Bapak Deputi Bidang Pembinaan Lembaga sosial dan Budaya, Tim Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Bapak Fahman, Bapak Aji Komara; Bapak Saudi Lian; Bapak Nur Salim; Bapak A Jati Lubis; Bapak Handoyo; Bapak Mansur dan Saudara Eko Maarif) dan segenap Tim Kerja Lintas Lembaga di PBNU (Saudara Enceng Sobiri; Wakil Sekretaris PBNU, Saudara Mustolihin; LPNU, Saudara Andi Najmi; LPBHNU; Saudara Sulton Fatoni; LTN NU; Saudara KH. Abdul Manan; LTMNU, Saudara KH Arwani Faisal; LBM; Saudara Imam Pituduh; LPPNU; Saudara Rohmat Faisol, LPPNU, Saudara Ahmad Suaidi; LPNU; Saudara Abdullah Masud; RMI, Ketua PCNU Pandeglang Bapak Aah Wahid Maulani, Ketua PCNU Lebak; Bapak Nanda, Wakil Sekretaris PCNU pandeglang; Saudara Nandang Kosim dan Pengurus LPPNU Lebak; Saudara Ubaidillah) tanpa bantuannya modul ini tidak akan terwujud. Demikian halnya kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak di mana assessment yang pernah digelar. Kami berterima kasih kepada para narasumber dan reviewer yang telah menyebar bibit ilmu pengetahuan. Sebagai kegiatan yang merangkai beragam pengetahuan, tak lupa, kami berterima kasih kepada rekan-rekan dan seluruh team lapangan yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu, tanpa sumbangan pikiran dan tenaga dari mereka Modul ini tidak akan tersusun dengan baik. Tak lupa, kepada Ketua Umum PBNU; Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA dan Wakil Ketua Umum PBNU; Bapak KH. Asad Said Ali, ucapan terimakasih atas bimbingan, saran dan pemikirannya, sehingga modul ini menjadi lebih terarah.

Kami berharap, penerapan modul ini, merupakan langkah awal bagi terwujudnya percepatan pembangunan perdesaan dan lahirnya mitivasi berprestasi dan wirausahawan handal di seluruh Indonesia.

Salam hormat
Jakarta, 20 September 2010
Ir. H. Iqbal Sullam Sekretaris Jendral PBNU

Selengkapnya: Motivasi-Berprestasi-Dan-Kewirausahaan-Berbasis-Pendekatan-Spiritual

Leave a Comment